Cara Menghemat Memori Penyimpanan di Smartphone

Cara Menghemat Memori Penyimpanan di Smartphone – Alhamdulillah sahabat pecinta smarphone dimanapun berada pada siang hari ini kembali saya akan memberikan update terbaru artikel dengan Judul Cara Menghemat Memori Penyimpanan di Smartphone. Bingung ketika ingin menginstall aplikasi, tetapi memori smartphonemu sudah mencapai limit? Wah, pasti bikin bete banget tuh. Beruntung, kali ini redaksi beritateknologi ingin berbagi beberapa tips yang membantu menghemat memori penyimpanan di smartphone sahabat sekalian.

Cara Menghemat Memori Penyimpanan di Smartphone

Cara Menghemat Memori Penyimpanan di Smartphone

 

Tips di bawah tentu saja bukan tips ‘mainstream’ yang semua orang tahu, seperti “beli saja kartu SD” atau “hapus aplikasi lainnya”.Silahkan disimak! Menghapus Pesan Lama Biasanya banyak yang sering luput dengan hal ini, bahkan termasuk sahabat yang sudah tau bahwa Android punya fitur menghapus pesan lama.

Masuk ke Setelan > Aplikasi > Lainnya > Pesan, dari sana akan tersedia pilihan untuk mengatur batas pesan untuk dihapus. Jadi, jangan lupa diaktifkan, ya! Batasi Kualitas Foto dan Video Bila tidak terlalu penting, sebaiknya batasi saja ukuran foto dan video yang kita ingin ambil. Sebab secara umum, semakin tinggi resolusi foto Anda, semakin banyak memori yang termakan. Begitu juga untuk video, modus seperti HDR dan 4K akan menggunakan lebih banyak memori.

Memang rasanya agak rugi ketika kita mempunyai kamera bagus tapi tidak dimaksimalkan. Cara di bawah ini mungkin bisa membantu. Backup Otomatis di Cloud Nah, ini favorit. Bila sebel menggunakan cara manual ketika backup data, sahabat bisa menggunakan aplikasi IF This Then That (IFTTT) di smartphone kamu. Ini juga bisa menjadi jalan keluar ketika kamu tidak ingin membatasi resolusi kamera, tetapi lebih suka menghapusnya saja sebab sudah tersimpan di cloud. Download terlebih dahulu IFTTT di PlayStore.

Kemudian di sana kamu akan diberikan petunjuk prinsip dasar IFTTT, yaitu ketika (IF) kamu mengambil foto (This), maka smartphone otomatis akan melakukan (Then) Backup ke cloud (That). Bila kamu sudah memasang applet tersebut, aktifkan dan silahkan memfoto sepuasnya. Aplikasi IFTTT juga bukan hanya bisa digunakan untuk foto saja, lho. Silahkan berkreasi untuk menghemat memori penyimpananmu dengan aplikasi ini. Hapus Cache Aplikasi Terkadang Android banyak sekali menyimpan cache di setiap aplikasi yang kita install. Jadi, bersihkan saja Cache dari beberapa aplikasi yang tidak terlalu kita butuhkan. Masuk ke Setelah > Aplikasi > Pilih Aplikasi dan pilih Hapus Cache.

Pakai Layanan Streaming Ini hanya saran untuk menghemat memorimu. Daripada menyimpan film, musik, video di dalam memori smartphone, lebih baik gunakan layanan streaming. Selain menghemat memori, kita juga mengapresiasi musik yang telah dibuat para musisi dengan tidak mendownloadnya secara bajakan. Tapi ingat kuota juga ya. Jangan sampai memori penyimpananmu sudah hemat, tapi paket datamu makin boros. Duh.

Demikianlah artikel tentang Cara Menghemat Memori Penyimpanan di Smartphone, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua amin3x, dan sampai jumpa lagi pada update artikel terbaru lainnya bersama dengan kami di it-artikel.com

Cara Menghemat Memori Penyimpanan di Smartphone | admin | 4.5
Leave a Reply