Cara Merawat Laptop atau Notebook dengan Benar

Cara Merawat Laptop atau Notebook dengan Benar – Alhamdulillah sahabat dimanapun berada, pada kesempatan ini saya akan memberikan update terbaru artikel dengan judul Cara Merawat Laptop atau Notebook dengan Benar,Ā Membeli laptop yang berkualitas bukanlah jaminan bahwa laptop Anda akan awet jika Anda tidak tahu cara meraw, atnya. Membeli laptop canggih dengan berbagai fitur bukanlah jaminan bahwa laptop Anda akan bertahan lama jika Anda tidak tahu cara menjaganya. Pelayanan garansi yang baik saat laptop Anda rusak bukanlah jaminan Anda tidak akan mengeluarkan uang bukan?.

Cara Merawat Laptop atau Notebook dengan Benar

Cara Merawat Laptop atau Notebook dengan Benar

 

So, kenapa Anda berpikir laptop Anda akan rusak jika Anda mampu menjaganya dengan baik. Bahkan laptop yang dirawat dengan baik, selain membawa manfaat yang besar, siapa tahu akan bisa Anda wariskan secara turun temurun sehingga 200 tahun kemudian ia akan menjadi barang langka yang paling dicari seperti Sepeda Kebo hehehe.

Nah, ini lah Cara Merawat Laptop atau Notebook dengan Benar sebagai berikut :

1. Jauhkan dari air

Air adalah musuh terbesar dari semua peralatan listrik šŸ™‚ Jadi hindari makan dan minum di dekat laptop Anda. Apalagi sampai menaruh minuman dekat dengan laptop. Jika, anda bepergian keluar kota dengan sepeda motor dan harus membawa laptop, bila hujan pastikan tas laptop Anda Anti-Air atau lebih mudahnya sediakan kresek (Jangan di anggap sepele masalah ini).

2. Hindarkan dari tekanan fisik berlebihan

Tas yang berjejal dengan berbagai barang, termasuk laptop Anda, sangat berpotensi menimbulkan tekanan kepada laptop, akhirnya LCD laptop akan mendapat tekanan juga dan berpotensi retak dan pecah. Jadi, pastikan laptop Anda tidak berdesakan dengan barang-barang lain seperti buku-buku tebal dalam tas Anda.

3. Gunakan ditempat datar dan aman

Gunakan laptop ditempat yang datar dan aman. Memakai laptop dengan dipangku tidak hanya berpotensi menimbulkan masalah kesehatan reproduksi, tetapi juga laptop rentan jatuh. Jangan gunakan laptop ditempat yang permukaannya empuk seperti di atas kasur, karena laptop merk tertentu memiliki ventilasi udara di bawah. Jika tertutup, panas dari dalam laptop tidak akan bisa keluar dan berakibat over heat yang akan membayakan berbagai komponen didalamnya.

4. Berilah pelindung standar

Pelindung disini yang dimaksud adalah pelindung untuk LCD (LCD Protector) dan keyboard (Keyboard Skin). Dengan LCD Protector, LCD Anda akan lebih aman dari goresan dan dengan keyboard skin, keyboard Anda akan lebih aman dari cairan dan debu. Anda dapat membelinya di toko-toko aksesoris laptop.

5. Hindari radiasi elektromagnetik berlehihan

Sumber utamanya adalah handphone Anda. Dianjurkan untuk tidak meletakkan handphone diatas laptop Anda. Karena saat ada panggilan maupun SMS, radiasi elektromagnetik HP meningkat dan akan merusak chip dalam laptop yang sangat sensitif dengan radiasi elektromagnetik. Dalam waktu yang lama, radiasi HP diatas laptop akan menimbulkan kerusakan pada keyboard.

6. Bijaksanalah menggunakan listrik dan baterai

Sebagian orang melepas baterai saat mereka menggunakan listrik secara langsung sebagai sumber catu daya untuk laptop. Hal ini sangat berbahaya, apalagi jika tiba-tiba listrik padam. Anda tidak hanya akan kehilangan data, tapi potensi rusaknya beberapa komponen laptop akan semakin besar terutama hardisk Anda. So, gunakanlah baterai. Chargelah kembali jika kapasitas baterai tinggal 10%.

7. Pakailah cooling pad

Panas yang berlebihan karena penggunaan yang sangat lama akan menurunkan daya tahan komponen laptop terhadap kerusakan akibat panas. Oleh karena itulah belilah kipas pendingin laptop.

8. Simpan CD driver laptop dengan baik

Beberapa merk laptop memberikan CD driver saat kita membeli laptop. Jagalah dengan baik CD tersebut, sebab Anda akan membutuhkannya sewaktu-waktu jika harus install ulang OS ataupun ada komponen laptop yang tidak bisa berjalan karena file drivernya rusak.

9. Update Anti Virus secara berkala

Tidak ada antivirus yang sempurna, akan tetapi dengan selalu melakukan update, antivirus laptop Anda akan lebih kuat melawan virus-virus yang masuk dalam laptop. Pastikan Anda melakukan scan terhadap flashdisk yang masuk.

Demikianlah artikel tentangĀ Cara Merawat Laptop atau Notebook dengan Benar, semoaga bisa bermanfaat dan berguna untuk merawat laptop atau notebook anda.amien3x, sekian dan terima kasih.

Cara Merawat Laptop atau Notebook dengan Benar | admin | 4.5
Leave a Reply