Konsep Komputer Server

Konsep Komputer Server – Alhamdulillah sahabat pencinta komputer dimana saja berada, di pagi yang sangat indah kembali saya akan membagikan artikel terbaru dengan Judul Konsep Komputer Server. Server adalah sebuah mesin / komputer yang pada saat instalan diset-up sebagai Function Server untuk menyediakan jasa bagi user lain yang menjadi client atau komputer yang terhubung pada network dan menjadi anggota suatu domain.

Konsep Komputer Server

Konsep Komputer Server

Komputer Server adalah suatu unit komputer yang berfungsi untuk menyimpan informasi dan untuk mengelola suatu jaringan komputer. komputer Server akan melayani seluruh client atau workstation yang terhubung ke jaringannya. Berdasarkan fungsi tersebut bisa dikatakan bahwa Komputer Server adalah Komputer Induk.

Jenis layanan yang diberikan serverkomputer server kepada client antara lain ; akses file, Sharing file dan sebagai perantara komunikasi antar user dan jasa-jasa lainnya bagi user yang menjadi client atau menjadi domain pada suatu network. Oleh karena itu sebuah server harus mempunyai kapasitas dan performance (unjuk kerja) yang lebih dari komputer yang digunakan user / client.

a. Jenis-Jenis Server :

File Server mengelola pemutaran cakram lokal pada setiap komputer. Bekerja berdasarkan disk–drive pengelola file-file yang bisa digunakan user secara bersama.

1. Terminal Server

Bertugas untuk memberikan izin kepada sejumlah komputer kecil atau terminal yang tergabung dalam suatu jaringan untuk mengakses atau menuju kesebuah titik LAN yang sama.

2. Proxy Server

Layaknya sebuah pintu gerbang, server yang berisi program ini terletak antara LAN dan koneksi ke Internet atau jaringan yang lebih luas (WAN). Tugas server ini adalah; proteksi alamat-alamat dan file-file tertentu yang ingin masuk ke LAN, penyusunan alamat, chace server system.Server ini bertugas untuk menerima surat-surat elektronik (e-mail) yang masuk ke LAN, seperti halnya dengan sebuah Post Office dan Mail Box bagi User.

3. Web Server

Server ini digunakan untuk menjalankan aplikasi World Wide Web (WWW). Sehingga user internet dimanapun dapat mengakses Home Page yang ada di server.

4. Printer Serverweb

Server ini bertugas untuk mengatur pemakaian printer bagi user pada sebuah LAN, prinsip kerjanya berdasarkan antrian file yang datang dan lama atau tidaknya pemakaian printer.

Demikianlah artikel tentang Konsep Komputer Server, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua amin 3x, dan sampai jumpa lagi pada update artikel terbaru lainnya bersama dengan kami di it-artikel.com

Konsep Komputer Server | admin | 4.5
Leave a Reply