Memahami dan Mengenal Jaringan Komputer Secara Detail

Memahami dan Mengenal Jaringan Komputer Secara Detail – Alhamdulillah sahabat pengguna komputer dimanapun berada pada kesempatan malam hari ini saya admin it-artikel.com kembali akan memberikan update artikel terbaru dengan judul Memahami dan Mengenal Jaringan Komputer Secara Detail. Jaringan komputer itu sederhana, bagi saya definisi jaringan komputer itu adalah sekumpulan komputer yang terhubung melalui kabel atau nirkabel ( wireless ) dengan tujuan untuk berbagi data.

Tetapi, sekarang saya melihat bahwa istilah ‘jaringan komputer’ telah mengalami sedikit perluasan makna. Apabila ada seseorang mengatakan ‘jaringan komputer’ biasanya yang dimaksud adalah jaringan secara umum

Memahami dan Mengenal Jaringan Komputer Secara Detail

Memahami dan Mengenal Jaringan Komputer Secara Detail

 

Ke depan, dengan semakin pesatnya perkembangan Internet of Things ( IoT ), kita segera akan melihat banyak benda-benda lain terhubung melalui jaringan Internet. Mobil, mesin cuci, dan benda lainnya akan terhubung pada suatu jaringan untuk berbagi data dan berkomunikasi. Cara hidup kita akan berubah drastis dan konsep jaringan komputer juga pasti akan berevolusi. Bila anda ingin mengetahui bagaimana IoT merubah hidup kita, anda bisa baca di tulisan: Bagaimana Internet of Things Dapat Mempermudah Anda?

Namun, kita akan tetap menyebut semua benda tersebut terhubung melalui ‘jaringan komputer’. Bukan ‘jaringan mobil’ ataupun ‘jaringan mesin cuci’. Ini bisa sedikit membingungkan kita.

Menurut saya bukan istilah ‘jaringan komputer’ nya yang salah. Tapi benda-benda-lah yang sekarang tengah berevolusi. Efek komputerisasi tengah kita rasakan.

Jadi saya pikir kita tidak bisa lagi memandang komputer dengan cara pandang lama. Komputer di zaman sekarang bukan PC atau laptop saja. Dalam terminologi jaringan komputer, semua benda yang bisa berbagi atau bertukar data dalam suatu jaringan adalah komputer. Saya pikir kita harus mengingat ini, untuk memahami jaringan komputer pada zaman sekarang.

Berbagai Jenis Alat Terhubung Pada Network

1.Jaringan Komputer Terhubung Dengan Kabel atau Nirkable ( Wireless )

Untuk bisa berbagi dan bertukar data suatu jaringan komputer harus terhubung melalui media tertentu. Medium penghubung bisa berupa kabel atau nirkabel ( wireless ).

Jaringan kabel memiliki keunggulan dalam hal stability sementara jaringan wireless unggul dalam hal mobility.

2. Istilah-istilah Penting Pada Jaringan Komputer

Pada saat mempelajari atau memahami jaringan komputer kita akan menemui istilah-istilah khusus. Berikut istilah-istilah yang penting untuk diingat:

  • LAN: Jaringan komputer juga sering disebun dengan LAN, yang merupakan kependekan dari Local Area Network
  • Online dan Offline: Apabila sebuah komputer pada suatu network dapat mengakses jaringan maka ia dikatakan Online. Sementara apabilah suatu komputer tidak dapat mengakses jaringan makan ia dinamakan Offline.
  • Up dan Down: Sebuah komputer pada jaringan dikatakan Up apabila komputer tersebut hidup dan bekerja dengan baik. Apabila sebuah komputer pada suatu jaringan tidak menyala dan tidak bekerja dengan baik, maka komputer tersebut dikatakan down.
  • On the Network: Komputer dikatakan On The Network apabila ia berada dan terhubung pada suatu jaringan. Komputer-komputer yang terhubung tersebut pada jaringan tersebut dinamakan juga dengan node.
  • Local dan Remote: Istilah Local dan Remote merujuk kepada resources suatu komputer. Apabila resources tersimpan pada komputer anda maka ia dinamakan dengan Local. Apabila resources tersebut tersimpan pada komputer lain yang berada pada jaringan anda maka ia dinamakan dengan Remote.
3.Mengapa Anda Harus Membangun Jaringan Komputer

Membangun jaringan komputer membutuhkan effort dan biaya. Dengan demikian, tentu harus ada benefit untuk semua tenaga, waktu, dan biaya yang anda korbankan untuk hal tersebut.

Secara umum benefit yang bisa diberikan oleh jaringan komputer adalah sebagai berikut:

a. Anda Bisa Berbagi Files

Apabila anda ingin orang lain bisa mengakses data atau file yang ada pada komputer, maka jaringan komputer memungkinkan anda untuk hal ini.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk sharing files ini. Berikut cara-cara yang bisa dilakukan untuk sharing files pada jaringan komputer:

Mengirim file melalui Email: Apabila komputer anda terhubung pada suatu network ( biasanya Internet ), maka anda bisa attach file pada email dan mengirimkannya pada orang lain yang terhubung pada network tersebut.
Sharing hard-drive: Anda bisa membagi akses hard-drive kepada orang lain sehingga file pada hard-drive komputer anda bisa digunakan.

b. Anda Bisa Berbagi Computer Resources

Beberapa computer resources adalah seperti printer, hard-drive, dan Internet Connection.

Resources ini bisa anda bagi penggunaannya melalui suatu jaringan komputer. Dengan membagi resources ini melalui jaringan komputer artinya anda akan menghemat biaya dan menjadi lebih efisien.

Apabila anda membagi hard-drive, printer maupun Internet Connection pada suatu komputer server maka setiap orang pada jaringan bisa menggunakan resources tersebut. Jadi anda tidak perlu memasang resources tersebut pada masing-masing komputer.

Kebanyakan jaringan komputer yang ada sekarang bertujuan untuk sharing Internet Connection

c. Anda Bisa Berbagi Penggunaan Program

Apabila di kantor anda memiliki 10 komputer dan masing-masing user membutuhkan program Ms Office, maka ada tiga cara agar user dapat menggunakan program ini.
Anda install program Ms Office pada masing-masing komputer
Anda install program Ms Office pada suatu komputer server dan membagi program kepada 10 komputer tersebut agar bisa digunakan oleh komputer lain pada pada network.
Anda copy installation program pada suatu hard-drive komputer dan kemudian share hard-drive ini pada network sehingga user lain bisa melakukan instalasi pada komputer lokal mereka.

Cara yang paling sering digunakan adalah cara ke tiga. Walaupun cara kedua cenderung lebih sederhana namun cara ini memiliki masalah pada kecepatan akses program yang lebih lambat.

4.Client – Server Pada Jaringan Komputer

Istilah client-server akan sering anda temui pada jaringan komputer. Jadi kita perlu memahami dan mengingat istilah ini.

Telah disebutkan di atas bahwa salah satu tujuan anda membangun jaringan komputer adalah untuk berbagi resources seperti printer, hard-drive ataupun koneksi internet.

Suatu komputer pada network yang menyediakan resources dinamakan dengan server. Sementara komputer-komputer pada network yang menggunakan resources yang disediakan oleh server dinamakan clients.

Jadi untuk membagi printer misalnya, anda harus memasang printer tersebut kepada suatu komputer, dan membagi akses printer tersebut kepada komputer lain pada network. Komputer tempat anda memasang printer tersebut dinamakan dengan printer server. Sedangkan komputer lain yang menggunakan printer pada network disebut dengan clients.

Untuk memilih komputer pada network yang akan berfungsi sebagai server, biasanya anda harus memilih komputer dengan performance yang bagus. Mengingat server akan bekerja extra berdasarkan request dari beberapa komputer client.

Ada saatnya untuk network yang lumayan besar, anda perlu menyediakan suatu komputer khusus yang hanya berfungsi sebagai server. Komputer seperti ini disebut dengan dedicated server.

Untuk network yang lebih kecil barangkali anda hanya perlu untuk memfungsikan sebuah komputer sebagai server. Sembarang komputer pada network bisa difungsikan untuk berbago resources yang dimilikinya seperti printer ataupun hard-drive, sementara komputer tersebut masih bisa berfungsi untuk keperluan lainnya. Jenis network seperti ini dinamakan dengan peer to peer network.

Peer to peer network bisa anda buat dengan menggunakan suatu operating system(OS) yang memiliki fitur aplikasi network server. Windows 7 atau Windows 8 memiliki fitur ini. Namun perlu anda ingat bahwa fitur network server pada desktop OS tidaklah maksimal.

Untuk network yang lebih efisien dan maksimal anda sebaiknya menggunakan network operating system (NOS) yang terpasang pada sebuah dedicated server. Anda bisa menggunakan Windows Server 2012, Windows Server 2008 untuk NOS berbayar. Sementara untuk free license anda bisa gunakan Linux.

6. Apa Yang Anda Dibutuhkan Untuk Menjalankan Jaringan?

Untuk membangun dan membuat suatu jaringan berjalan sebenarnya cukup sederhana. Berikut yang perlu anda sediakan untuk membangun network:

  • Network Interface Card: Alat ini anda pasangkan pada slot yang sudah tersedia pada komputer anda. Network Interface Card (NIC) memiliki port tempat kabel network dipasangkan, atau apabila jaringan anda adalah jaringan wireless, maka NIC memiliki port tempat antenna dipasangkan.
  • Network Cable: Kabel network berfungsi untuk menghubungkan komputer. Jack pada kabel dimasukkan pada port yang ada pada NIC. Kebanyakan jenis kabel yang digunakan untuk network sekarang adalah berjenis twisted-pair. Apabila anda ingin membangun wireless network maka tentu saja kabel tidak dibutuhkan.
  • Network Swicth: Switch adalah alat yang memiliki banyak port untuk menghubungkan komputer pada network dengan menggunakan kabel. Jadi switch semacam alat perantara antar komputer-komputer yang ingin anda hubungkan.
  • Network Software: Agar network bisa berfungsi, anda membutuhkan network software. Untuk peer to peer network anda bisa memfungsikan network software bawaan yang ada pada Desktop OS. Namun anda juga bisa menggunakan NOS khusus seperti Window Server 2012 sebagai network software untuk performance network yang lebih baik

Demikianlah artikel tentang Memahami dan Mengenal Jaringan Komputer Secara Detail, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua amin 3x dan sampai jumpa lagi pada update artikel terbaru lainnya hanya bersama dengan kami di it-artikel.com

Memahami dan Mengenal Jaringan Komputer Secara Detail | admin | 4.5
Leave a Reply