Pengertian dan Funngsi dan Kegunaan Komputer Server

Pengertian dan Funngsi dan Kegunaan Komputer Server – Alhamdulilah pengguna komputer dimana saja berada, pada malam hari kembali saya akan membagikan artikel terbaru dengan Judul Pengertian dan Funngsi dan Kegunaan Komputer Server. Komputer server dalam bahasa indonesia disebut sebagai penyedia layanan bagi komputer client. Sebelumnya saya sudah memposting tentang Kumpulan Perintah CMD Untuk Manajemen File yang bisa anda baca juga nantinya.

Pengertian dan Funngsi dan Kegunaan Komputer Server

Pengertian dan Funngsi dan Kegunaan Komputer Server

 

Sedangkan client sendiri merupakan istilah dalam arsitektur jaringan client server. Komputer client disini akan meminta segala kebutuhan dari komputer server baik itu file atau berkas, aplikasi, resource seperti penggunaan data harddisk, memori, printer dari komputer server. Baiklah tak usah lama-lama langsung saja kita bahas pengertian komputer server, fungsi hingga kegunaannya di bawah ini, selamat menyimak.

1. Pengertian Komputer Server

Seperti yang saya ucapkan sebelumnya. Komputer server adalah komputer yang menyediakan layanan bagi komputer client dengan menyediakan berbagai sumber daya. Seperti hak akses internet, memori yang lebih besar, harddisk berkapasitas tinggi, printer yang dapat digunakan bersama-sama, dan lain-lain.

Bahkan komputer server tidak hanya digunakan dalam perusahaan saja. Instansi pemerintahan, perpustakaan kota, lingkup sekolahan SD, SMP, SMA, SMK hingga perguruan tinggi sudah menggunakan komputer server untuk menunjang kebutuhan mereka.

2. Fungsi Dan Kegunaan Komputer Server

Dari penjelasan diatas pasti anda sudah paham betul apa kegunaan dari komputer server. Berikut beberapa kegunaan komputer server yang telah kami rangkum untuk anda di bawah ini.

  1. Bertanggung jawab melayani permintaan komputer client. Seperti meminta tambahan waktu akses internet di warnet.
  2. Menyediakan resource untuk digunakan bersama-sama baik itu perangkat keras ataupun aplikasi yang dapat digunakan komputer client bersama-sama.
  3. Bertanggung jawab untuk mengatur lalu lintas data.
  4. Mampu menyimpan file atau dokumen, data yang dapat di akses bersama dalam lingkup jaringan
  5. menggunakan file sharing.
  6. Mampu mengatur hak akses level dalam jaringan, sehingga tidak semua client bisa membuka data yang tersimpan di komputer server.
  7. Harus menyediakan database atau aplikasi yang dapat dijalankan di semua komputer client.
  8. Komputer server harus melindungi komputer client dari malware dan virus berbahaya dengan cara memasang antivirus, antimalware dan firewall pada komputer server.

3. Manfaat Penggunaan Dari Komputer Server

Mungkin dari segi manfaat hampir tidak jauh beda dengan fungsi dan kegunaan komputer server, ada juga keuntungan lain dari komputer server, selain lebih ekonomis komputer server juga lebih hemat biaya.

Katakanlah anda hanya memiliki 1 printer dalam suatu perusahaan, dengan adanya komputer server printer ini dapat digunakan oleh pengguna lainnya menggunakan printer sharing pada komputer server.

Jelas ini lebih hemat dibandingkan anda harus membeli satu printer untuk satu komputer. Tidak hanya printer, resource seperti harddisk, memori, scanner bisa digunakan bersama-sama.

4. Jenis-Jenis Komputer Server

Komputer server memiliki berbagai jenis, seperti lokal server yang digunakan khusus di jaringan lokal atau hosting server yang biasanya digunakan untuk database sekolahan dan internet di lingkup sekolah.

Fungsi komputer server pada dasarnya tetaplah sama, hanya mungkin penempatan dan tujuannya dibuat berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan pengguna, Seperti Web Server, Database Server, File Server, Game Server, Proxy Server, Printer Server dan masih banyak lagi.

Demikianlah artikel tentangĀ Pengertian dan Funngsi dan Kegunaan Komputer Server, semoga artikel bisa bermanfaat untuk kita semua amin3x, dan sampai jumpa lagi pada update artikel terbaru lainnya bersama dengan kami di it-artikel.com

Pengertian dan Funngsi dan Kegunaan Komputer Server | admin | 4.5
Leave a Reply