Pengertian Software Beserta fungsinya

Pengertian Software Beserta fungsinya – alhamdulillah pada pagi hari kami akan membagikan artikel terbaru dengan Judul Pengertian Software Beserta fungsinya. dengan kesibukan sekarang2 ini admin masih diberi kesempatan untuk berbagi ilmu dengan para sahabat , sekilas terbesit karena saya pribadipun terkadang menerima service komputer maupun laptop ada beberapa hal kenapa admin memilih membuat artikel kali ini ketika para konsumen menanyakan apa kerusakan komputer mereka saya pun bingung bagaimana menjelaskan secara harfiah agar dapat dimengerti oleh mereka??pengertian software dan ternyata ketika saya menjawab dengan kata2 yang umum biasa dibicarakan yaitu kerusakan software/ hardware mereka sekedar senyum2 sajah, dan diiringi beberapa pertanyaan mengenai apa itu software/ hardware ? hihihi admin pun menjadi bingung meskipun tahu namun entah bagaimana caranya agar dapat dipahami dengan mudah oleh para konsumen :D, ok dari pada mondar mandir ngelantur langsung sajah kita ulas secara singkat dan simak artikel ini hingga tuntas.

Pengertian Software Beserta fungsinya

Pengertian Software Beserta fungsinya

 

  1. Pengertian software

Sofware ataupun bahasa lainnya perangkat lunak yaitu suatu kumpulan data-data elektronik yang tersimpan dan diatur oleh komputer yang berupa program atau instruksi untuk menjalankan/ memproses suatu perintah. didalam sebuah komputer software maupun hardware keduanya memiliki peranan yang sama tidak terpisahkan karena keduanya sama2 memiliki keterkaitan satu sama lain sebagai penunjang. jadi tidak ada istilah mana yang lebih penting software ataupun hardware ? saya tekankan lagi kedua mempunyai peranan penting agar proses pengoprasian didalam komputer menjadi lancar.

2. fungsi software

fungsi software adalah sebagai sarana interaksi antara user (pengguna) dengan hardware, dengan software inilah bahasa manusia diterjemahkan kedalam bahasa mesin, sehingga mempermudah kita dalam mengoprasikan sebuah komputer.

3. jenis – jenis software

adapun jenis software dibagi mejadi beberapa bagian

a. software berbayar (commersial software)

software yang dibuat untuk tujuan kebutuhan komersil. bagi setiap pengguna yang ingin menggunakan software tersebut, pengguna tersebut harus membeli kepada pihak yang mendistribusikannya, ataupun bisa langsung kepada pengembang software yang membuatnya. contoh software berbayar seperti Microsoft Office, Adobe Photoshop, Corel Draw, Internet Download Manager dsb. software berbayar dilindungi oelh undang-undang hak cipta untuk mendapatkannya kita harus membeli software tersebut.

b. Freeware

freeware atau software gratis merupakan software yang memiliki hak cipta, namun bagi pengguna yang ingin menggunakan software tersebut dapat mengunduh secara gratis dna tanpa batasan waktu. freeware dapat didefinisikan sebagai suatu program yang didistribusikan secara gratis dan tanpa biaya tambahan. contoh software freeware seperti mozila firefox, google chrome dsb.

c. Shareware

Shareware merupakan perangkat lunak yang disediakan bagi para pengguna tanpa membayar atau dapat menggunakan dengan menggunakan sebagai uji coba dan seringkali dibatasi oleh kombinasi dari fungsi, kenyamanan, dan sebagainya. jadi dapat didefinisikan bahwa shareware sebenarnya adalah aplikasi uji coba dan bagi para penggunanya harus membelinya kepada pihak yang mendistribusikan agar dapat menggunakan software tersebut apabila waktu uji coba telah habis atau ingin mendapatkan fitur tambahan tertentu. alasan dibalik perangkat lunak ini adalah dengan memberikan kesempatan terlebih dahulu kepada para calon pembeli untuk mencoba menggunakan program tersebut sebelum membeli lisensi untuk versi yang lebih lengkap. ini juga bisa dikatakan sebagai strategi pemasaran atau marketing dari developer aplikasi shareware tersebut. contoh software shareware ini seperti winrar, ultra ISO, mp3 cutter dan lain sebagainya

d. Firmware

firmare merupakan software yang mengacu kepada perangkat lunak yang disimpan dalam Memory Read Only atau hanya baca. tidak seperti jenis memori akses acak, firmware tidak akan berubah meski tidak dialiri arus listrik, dari mulai komputer starup sampai proses instruksi input/ output. modifikasi memang masih dapat dilakukan, namun hal tersebut tergantung dari jenis ROM (Read Only Memory) yang digunakan. firmware yang telah disimpan tidak dapat dirubah, namun firmware yang disimpan dalam Rom yang dapat diubah seperti EEPROM atau Flash ROM, masih dapat untuk diubah sesuai kebutuhan

e. Free Software

freesoftware atau perangkat lunak bebas merupakan istilah yang diciptakan yang mengacu kepada perangkat lunak bebas untuk digunakan, dipelajari serta diubah dan dapat disalin dengan ataupun tanpa modifikasi. bebas disini juga berarti dalam menggunakan, mengubah, mempelajari, atau menjual sebuah perangkat lunak dan seseorang tidak perlu meminta izin siapapun. perangkat lunak tersebut biasanya memliki sebuah lisensi dan menyediakan akses ke kode sumbernya bagi para penggunanya. perlu diketahui bahwa perangkat lunak bebas atau free software jangan disama artikan dengan perangkat lunak gratis (freeware). freeware dapat berupa free sofrware yang berarti perangkat lunak bebas ataupun freeware dapat berupa perangkat lunak tak bebas.

f. Open Source Software

open source software atau disebut juga perangkat lunak sumber terbuka merupakan jenis perangkat lunak yang kode sumbernya bersifat terbuka dan dapat untuk dipelajari, diubah,bdikembangkan, ditingkatkan, serta dapat juga disebarluaskan. karena adanya sifat tersebut, pada umumnya pengembangannya atau developer dilakukan oleh suatu komunitas terbuka yang memiliki tujuan untuk mengembangkat perangkat lunak yang bersangkutan. open source software yang dihasilkan tersebut biasanya bersifat bebas dengan tetap menganut sebuah kaidah dan etika tertentu.

g. Malware

malware atau perangkat perusak yang merupakan perangkat lunak yang diciptakan untuk menghancurkan/ merusak sistem komputer. perangkat perusak ini seperti virus seperti Trojans, Worms, Web cripting virus, multipartite virus, Fat virus, companion viruses dan sebagainya yang melakukan perintah utama mersak komputer yang dihinggapinya.

itulah jenis- jenis penggolongan software jadi sobat menjadi lebih tau sebenarnya software2 yang kalian pakai sehari2 termasuk kedalam golongan mana maupun jenis apa?.

Demikianlah artikel tentang Pengertian Software Beserta fungsinya, semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua amin3x, sampai jumpa kembali pada update artikel terbaru lainnya.

Pengertian Software Beserta fungsinya | admin | 4.5
Leave a Reply