Pengertian Timing Latency Memory Pada Komputer

Pengertian Timing Latency Memory Pada Komputer – Alhamdulillah sahabat pengguna komputer dimaanpun berada pada kesempatan ini saya akan memberikan update artikel terbaru dengan Judul Pengertian Timing Latency Memory Pada Komputer. Delay atau Latency dalam proses operasional internal pada sebuah modul (chip) memory RAM Komputer. Dengan kata lain, Timing adalah ukuran waktu keterlambatan chip memory RAM dalam melakukan operasi internal memproses data di dalamnya. Keterlambatan operasi internal ini misalnya : Waktu yang dibutuhkan untuk chip memory menanggapi suatu perintah (command), berapa lama memory mengaktifkan matrix data, atau waktu yang dibutuhkan untuk menutup saluran data dan membuka saluran data.

Pengertian Timing Latency Memory Pada Komputer

Pengertian Timing Latency Memory Pada Komputer

 

Timing memory biasanya ditunjukkan dengan 4 buah angka misal 9-9-9-24 (CL-tRCD-tRP-Tras). Sebelum melanjutkan cara menghitung timing memory komputer kita bahas dulung pengertian CL, tRCD, tRP dan Tras. CL, tRCD, tRP dan Tras

1. CAS timing atau CL :

CAS itu kepanjangannya adalah Column Address Strobe. CL adalah waktu yang ditbutuhkan untuk menanggapi data awal yang diperintahkan oleh processor.Dalam hal ini DRAM Memory membaca data (bit) pertama Waktu (jumlah clock) yang diperlukan antara saat perintah dikirim ke memori sampai saat memory mulai mengirim data (ke processor).

2. RAS to CAS delay atau TRCD :

TRCD Adalah jumlah dari waktu putaran yang dibutuhkan chip memory untuk mengerjakan perintah yang sedang aktif dan perintah tersebut adalah read/write data (membaca/menulis data). Waktu yang diperlukan antara aktivasi baris (RAS) dan aktivasi kolom (CAS) di mana data disimpan dalam matrix.

3. Row Precharge Time or TRP

TRP Adalah jumlah minimum # dari putaran clock antara perintah yang aktif dan perintah read/write dari bank/blok/penampung berikutnya di modul memory. Artinya TRP adalah Waktu yang diperlukan antara me-nonaktifkan akses ke saluran data atau memulai akses ke baris lain suatu data dalam matrix.

4. Min RAS Active Time atau tRAS :

Adalah jumlah dari waktu antara sebuah row yang sedang diaktifkan dan dimatikan oleh precharge. Sebuah row tidak bisa dimatikan sampai batas tRAS dipenuhi. Dengan kata lain berapa lama memori harus menunggu sampai akses berikutnya dapat dimulai. Saat melakukan overclocking timing memory anda, usahakan untuk menjaga tRAS = CL+tRCD+tRP (+/-).

  • Cara menghitung Timing latency Memory

Berikut ini cara menghitung timing latency memory komputer, Jadi misalkan memori kita Ripjaw:

C / T = S [C = Clock speed | T = Timing | S = Speed / Data rate]

Ripjaws DDR3 1600MHZ 9-9-9-24

1600 / 9 = 177
1600 / 24= 66
Maka Speed dasarnya = 177-177-177-66.

Jadi semakin kecil angka timing sebuah memory maka semakin bagus performa memory tersebut. Anda bisa mengurangi waktu timing dengan meng-OC memory tersebut. Tetapi harus hati-hati kalau sampai salah perhitungan memory Anda bisa rusak permanen.

Demikianlah artikel tentang Pengertian Timing Latency Memory Pada Komputer, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua amin3x, dan sampai jumpa lagi pada update artikel terbaru lainnya bersama dengan kami di it-artikel.com

Pengertian Timing Latency Memory Pada Komputer | admin | 4.5
Leave a Reply