Persiapan Cara Merakit Komputer dengan Benar

Persiapan Cara Merakit Komputer dengan Benar – Alhamdulillah sahabat pengguna komputer dimanapu berada pada pagi hari saya akan membagikan artikel terbaru dengan Judul Persiapan Cara Merakit Komputer dengan Benar. Merakit komputer merupakan suatu kegiatan untuk menyatuhkan semua bagian – bagian rangkain komputer secara utuh. berikut  Persiapan yang baik akan memudahkan dalam perakitan komputer serta menghindari permasalahan yang mungkin timbul.Hal yang terkait dalam persiapan meliputi:

Persiapan Cara Merakit Komputer dengan Benar

Persiapan Cara Merakit Komputer dengan Benar

 

  • Penentuan Konfigurasi Komputer
  • Persiapan Kompunen dan perlengkapan
  • Pengamanan

1. Penentuan Konfigurasi Komputer

Konfigurasi komputer berkait dengan penentuan jenis komponen dan fitur dari komputer serta bagaimana seluruh komponen dapat bekerja sebagai sebuah sistem komputer sesuai keinginan kita.Penentuan komponen dimulai dari jenis prosessor, motherboard, lalu komponen lainnya. Faktor kesesuaian atau kompatibilitas dari komponen terhadap motherboard harus diperhatikan, karena setiap jenis motherboard mendukung jenis prosessor, modul memori, port dan I/O bus yang berbeda-beda.

2. Persiapan Komponen dan Perlengkapan

Komponen komputer beserta perlengkapan untuk perakitan dipersiapkan untuk perakitan dipersiapkan lebih dulu untuk memudahkan perakitan.

a. Pengaman

Hindari merakit dalam keadaan berkeringat, karena kemungkinan keringat akan menetes keperalatan yang sedang kita rakit tanpa kita ketahui, lalu saat kita menyalakan power supply maka terjadilah hubungan pendek dan merusak hasil rakitan kita.

Hindari memegang atau menyentuh langsung kaki prossesor yang ada termasuk chipset. Karena dikhawatirkan adanya listrik statis yang dimiliki tubuh kita akan merusak komponen tersebut. Untuk mencegah hal ini kita harus meng-ground-kan tubuh kita dengan cara memeggang cassing saat power dihidupkan.
Pada setiap tahap perakitan sebelum menambahkan komponen yang baru, power supply harus dimatikan. Memasang komponen pada saat power supply hidup akan merusak komponen yang akan di pasang dan komponen lainnya. Hindari pemasangan komponen harddisk dengan kasar, karena dapat merusak harddisk tersebut.

b. Alat Merakit Komputer

Dalam merakit sebuah computer kita memerlukan alat-alat untuk merakitnya. Alat-alat tersebut yaitu :

  1. Obeng plus (+)
  2. Obeng Minus (-)
  3. Tang Buaya
  4. Pinset (untuk melepas jumper)
  5. Gelang anti Statik

c. Bahan

Bahan yang di perlukan dalam merakit sebuah computer yaitu selurus isi dari PC tersebut, diantaranya yaitu:

1. Casing

2.Mainboard

Mainboard adalah papan induk atau papan rangkaian utama pada komputer, yang berisi rangkaian elektronik yang berfungsi sebagai pusat pengolahan.

3.Processor dan FAN

Processor adalah komponen komputer yang paling utama karena sangat menentukan baik buruknya kinerja komputer (otaknya komputer). Berfungsi sebagai pengolah data didalam sistem computer. FAN adalah pendingin processor.

4. Memory

RAM (Random Acces Memory) adalah Internal Memory, yang berfungsi untuk menyimpan data.

5. Kabel SATA

SATA adalah pengembangan dari ATA. Sata didefisibikan sebagai teknologi yang didesain untuk menggantikan ATA secara total.

6. Kabel Floppy Disk

Berfungsi untuk menguhubungkan Floppy disk/disket ke computer.

7. Hardisk

Hardisk merupakan piranti penyimpanan sekunder dimana data disimpan sebagai pulsa magnetik pada piringan metal yang berputar yang terintegrasi.

8. DVD-RW

DVD-RW adalah cakram optik yang dapat ditulis kembali dan memiliki kapasitas sama dengan DVD-R, biasanya 4,7 GB. Keuntungan utama DVD-RW dibandingkan DVD-R adalah kemampuan menghapus dan menulis kembali sebuah cakram DVD-RW.

9. Floppy Disk

Floppy disk atau Disket adalah perangkat penyimpanan data yang terdiri dari sebuah medium penyimpanan magnetis bulat yang tipis dan lentur, dilapisi lapisan persegi yang berbentuk persegi atau persegi panjang.

10. Mouse

Mouse adalah alat/ perangkat yang digunakan untuk mengatur perpindahan kursor secara cepat atau digunakan untuk memberikan perintah secara praktis dan cepat pula.

11. Keyboard

Keyboard komputer Adalah salah satu bagian yang paling penting dari sebuah komputer yang digunakan untuk memasukkan perintah, teks, data numerik dan jenis-jenis data dengan menekan tombol pada keyboard.

12. Power Supply

Power Supply adalah sebuah perangkat komputer yang berfungsi untuk mengalirkan listrik ke setiap bagian komputer agar dapat berjalan.

13. Monitor

Monitor komputer adalah sebuah media output/ alat pengeluaran berbentuk gambar visual yang berasal dari sinyal elektronik komputer.

14. Kabel power (untuk monitor dan power supply)

Kabel ini berfungsi untuk menghubungkan power supply dan monitor ke aliran listrik.

Demikianlah artikel tentang  Persiapan Cara Merakit Komputer dengan Benar, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua amin3x, dan sampai jumpa lagi pada update artikel terbaru lainnya bersama dengan kami di it-artikel.com

Persiapan Cara Merakit Komputer dengan Benar | admin | 4.5
Leave a Reply