Praktikum Dasar Komputer 1

Praktikum Dasar Komputer 1 – Alhamdulillah sahabat pecinta komputer dimanapun berada pada siang hari ini saya admin dari it-artikel.com kembali akan memberikan update artikel terbaru sekita masalah komputer dasar dengan judul artikel terbaru Praktikum Dasar Komputer 1. Berikut merupakan soal soal jawab tentang praktikum komputer dasar sebagai berikut :

Praktikum Dasar Komputer 1

Praktikum Dasar Komputer 1

 

1. Apa yang anda ketahui tentang POST dan informasi apakah yang bisa kita peroleh lewat suara “beep” pada POST (Power On Selft-Test) BIOS. Sebutkan diagnosa pesan/peringatan kesalahan POST yang ditunjukkan dengan kode beep?

Jawab :

Power On Self – Test ( POST) adalah test yang dilakukan oleh komputer / PC untuk mengecek fungsi – fungsi komponen pendukung computer apakah bekerja dengan baik atau tidak. POST berlangsung pada saat komputer/pc melakukan proses booting.Jika ada permasalahan pada PC/komputer tersebut maka post akan mendeteksi gejala permasalahan itu dan memberikan pesan kesalahan melalui pesan suara (beep) atau dalam tampilan visual di komputer.

  • Kode Beep Pada AMI BIOS
    Bunyi Beep
  • Indikasi
    Beep 1x
    RAM (memory) rusak atau tidak terpasang dengan benar
  • Beep 2x
    RAM bermasalah (Memory Parity Error in first 64KB block)
  • Beep 3x
    RAM bermasalah (Memory Read/Write Error in first 64KB block)
  • Beep 4x
    Motherboard bermasalah. Motherboard timer tidak berfungsi dan kemungkinan perlu diganti
  • Beep 5x
    Processor bermasalah. Perlu diganti
  • Beep 6x
    Biasanya menunjukkan keyboard yang rusak, atau tidak terpasang dengan benar
  • Beep 7x
    Processor bermasalah (Processor Exception Interrupt Error), perlu diganti
  • Beep 8x
    Graphic card (VGA) rusak atau tidak terpasang dengan benar pada slot
  • Beep 9x
    BIOS/Motherboard bermasalah (ROM checksum Error ). Perlu mengganti chipset BIOS atau motherboard
  • Beep 10x
    Motherboard bermasalah (CMOS shutdown Read/Write error). Kemungkinan perlu penggantian motherboard
  • Beep 11x
    Checksum-Error. Periksalah baterai CMOS pada motherboard. Biasanya kalau baterai tidak terpasang dengan benar, seringkali dayanya sudah habis. Solusinya belikan baterai CMOS yang baru
  • 1 Beep Panjang 3 Beep Pendek
    Conventional/Extended memori rusak
  • 1 beep Panjang 8 Beep Pendek
    Tes tampilan gambar gagal

2. Apa yang anda ketahui tentang peripheral device. Sebutkan beberapa peripheral device yang umum digunakan saat ini, sebutkan fungsi dan jenis – jenisnya 1 (min.8)

Jawab :

Peripheral adalah hardware tambahan yang disambungkan ke komputer, biasanya dengan bantuan kabel ataupun sekarang sudah banyak perangkat peripheral wireless. Peripheral ini bertugas membantu komputer menyelesaikan tugas yang tidak dapat dilakukan oleh hardware yang sudah terpasang didalam casing.

1. Peripheral utama (main peripheral)

Yaitu peralatan yang harus ada dalam mengoperasikan komputer. Contoh periferal utama yaitu: monitor, keyboard dan mouse.

2. Peripheral pendukung (auxillary peripheral)

Yaitu peralatan yang tidak mesti ada dalam mengoperasikan komputer tetapi diperlukan untuk kegiatan tertentu. Contohnya yaitu: printer, scanner, modem, web cam dan lain-lain.

Sedangkan berdasarkan proses kerjanya dalam mendukung pengoperasian komputer terbagi menjadi:

1. Perangkat masukan (input)

Adalah perangkat yang digunakan untuk memasukkan data atau perintah ke dalam komputer. Perangkat tersebut antara lain :

a. Keyboard

Berbentuk mirip mesin ketik yang berisi huruf, angka, simbol-simbol khusus serta tombol-tombol fungsi. Gunanya untuk memberi perintah kepada komputer dengan cara menuliskannya atau menekan kombinasi beberapa tombol.

b. Mouse

Alat yang mirip tikus dan terdiri dari dua atau tiga tombol, berfungsi untuk mengendalikan kursor/pointer dilayar monitor dengan cara menggerakkannya maju, mundur atau kesamping.

c. Scanner

Alat yang mirip mesin fotocopy ini, memiliki fungsi hampir sama dengan mesin fotocpy. Hanya saja data yang di input kan tak langsung di proses akan tetapi di simpan di komputer dan data bisa di edit terlebih dahulu.

d. Microphone

Alat ini sama halnya dengan micrphone yang lain, yakni berfungsi sebagai menginput suara yang nanti nya bisa di simpan di komputer atau langsung di keluarkan melalui speaker.

e. Digitizer

Alat ini berfungsi untuk menginput data seperti tulisan maupun untuk mengedit dengan lebih fleksibel karena menggunakan pen seperti saat kita menulis.Alat ini biasanya digunakan dalam hal desain.

2. Perangkat keluaran (output)

Adalah peralatan yang kita gunakan untuk menampilkan hasil pengolahan data atau perintah yang dilakukan oleh komputer. Perangkat tersebut antara lain :

a. Printer

Alat ini memiliki fungsi mencetak hasil kerja dalam media kertas. Mulai dari teks sampai gambar, mulai dari hitam putih hingga yang berwarna.

b. Plotter

Alat ini memiliki fungsi yang hampir sama dengan printer, hanya saja media yang digunakan jauh lebih besar dan tidak hanya berupa kertas. Dan hasilnya jauh lebih bagus dari printer.

c. Monitor

Alat ini memiliki fungsi menampilkan data berupa grafis tampilan yang sedang di operasikan. Dan pada contoh gambar merupakan Monitro jenis LCD.

c. Speaker

Alat ini berfungsi mengeluarkan data berupa suara. Alat ini merupakan perangkat tambahan, karena sebagian monitor dapat langsung mengeluarkan suara seperti televisi.

c.. Headphone

Alat ini memiliki fungsi yang hampir sama dengan speaker, hanya saja ini lebih ke individu. Karena di pasangkan di kepala seseorang.

3. Jelaskan secara rinci BIOS menurut yang anda ketahui, apa saja komponen yang diatur oleh BIOS?

Jawab :

BIOS (Basic Input Output System) adalah tingkatan terendah dari perangkat lunak yang memfigurasi ataupun memanipulasi perangkat keras ( Hardware ) komputer. Bios tertanam dalam sebuah chip memory ataupun pada ROM. Fungsi utama Bios adalah memberikan intruksi yang sering dikenal dengan POST (Power On Self Test) yaitu proses untuk menganalisi dan mengindentifikasi perangkat system seperti : RAM, VGA Card, Harddisk dan perangkat lainnya.

Komponen BIOS
Dalam BIOS, terdapat beberapa komponen dasar, yakni sebagai berikut:

a.  Features

Pada bagian ini kita bisa mengubah tanggal dan waktu, media penyimpanan seperti harddisk, floppy disk, CD-ROM serta Video Graphic Adapter.

b. Advanced BIOS Features

Pada bagian ini kita bisa mengatur boot device (prioritas boot drive), jika boot menggunakan CD maka pililah CDROM pada First boot device, jika komputer anda akan di boot dari harddisk maka aturlah pilihan Hard Disk pada First boot device, begitu juga dengan boot menggunakan disket (meskipun saat ini hampir tidak ada yang boot menggunakan disket).

c.  Advanced Cihpset Features

Pada bagian ini untuk mengatur besarnya ukuran kapasitas sebuah memori video grapic adapter (VGA).

d. Integrated Peripherals

Bagian ini untuk mengatur Enable atau Disable sebuah device yang terpasang pada mainboard seperti USB, Sound, Modem dan Ethernet.

e. Power Management Setup
Pada bagian ini sebaiknya di biarkan pada format defaultnya.

f. PnP/PCI Configurations

Pada bagian ini juga sama seperti pada Power Management Setup di biarkan pada settingan defaultnya.

g. PC Health Status

Pada bagian ini anda bisa mengatur Shutdown Temperaturnya saja. Apablia apabila derajat panasnya prosesor mencapai 70º C/158º F maka komputerakan secara otomatis melakukan shutdown.

h. Frequenscy/Voltage Control
Pada bagian ini untuk mengatur voltage yang dibutuhkan prosessor, pada bagian ini sebaiknya jangan di ataur apabila belum memahami betul tentang kebutuhan voltage yang dibutuhkan prosesor yang terpasang pada main board.

i. Load Fail-Safe Defaults dan Load Otpimized Default

Pada bagian ini juga tidak usah diubah apa-apa kecuali anda ingin mengaturnya secara default dan bukan manual.

j. Set Password

Pada bagian ini untuk membuat sebuah password yang bergunauntuk melindungi settingan BIOS bagi orang lain yang tidak berkepentingan ketika mengubah settingan BIOS. Apabila anda lupa akan password yang sudah dibuat maka jalan terbaik adalah mereset BIOS setting dari mainboard.

k. Save & Exit Setup

Bagian ini adalah untuk menyimpan semua settingan yang sudah diatur pada BIOS dan keluar dari menu BIOS.

l. Exit Without Saving

Keluar dari jendela BIOS tanpa melakukan penyimpanan perubahan yang sudah dilakukan.

Demikianlah artikel tentang Praktikum Dasar Komputer 1, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua amin 3x dan sampau jumpa lagi pada update artikel terbaru lainnya hanya bersama dengan kami di it-artikel.com

Praktikum Dasar Komputer 1 | admin | 4.5
Leave a Reply