Tips Membuat Jaringan Metropolitan Area Network

Tips Membuat Jaringan Metropolitan Area Network – Alhamdulillah sahabat puji syukur kepada Allah S.W.T yang mana yang telah memberikan nikmat kesehatan sehingga pada kesempatan yang baik ini kembali saya admin it-artikel.com akan memberikan update terbaru artikel dengan Judul Tips Membuat Jaringan Metropolitan Area Network.

A. Pengertian MAN

Metropolitan Area Network (MAN) pada dasarnya merupakan versi LAN yang berukuran lebih besar dan biasanya memakai teknologi yang sama dengan LAN. MAN merupakan pilihan untuk membangun jaringan komputer antar kantor dalam suatu kota. MAN dapat mencakup perusahaan yang memiliki kantor-kantor yang letaknya sangat berdekatan dan MAN mampu menunjang data dan suara, bahkan bias disambungkan dengan jaringan televisi kabel. Jaringan ini memiliki jarak dengan radius 10-50 km. Didalam jaringan MAN hanya memiliki satu atau dua buah kabel yang fungsinya untuk mengatur paket data melalui kabel output.

B. Contoh Gambar MAN

Tips Membuat Jaringan Metropolitan Area Network

Tips Membuat Jaringan Metropolitan Area Network

 

  1. Hubungan antara suatu sekolah dengan Dinas Pendidikan di kota tersebut untuk memberi kabar tentenag adanya acara d sekolah ataupun yang lainnya.
  2. Pengiriman surat tugas dari suatu kantor pusat ke kantor cabang dalam 1 kota

C. Perlengkapan untuk Jaringan MAN

1. HUB

HUB adalah istilah umum yang digunakan untuk menerangkan sebuah central connection point untuk komputer pada network. Fungsi dasar yang dilakukan oleh HUB adalah menerima sinyal dari satu komputer dan menstranmisikannya ke komputer yang lain. Sebuah HUB bisa active atau passive. Active HUB bertindak sebagai repeater, ia meregenerasi dan mengirimkan sinyal yang diperkuat. Passive HUB hanya bertindak sebagai kotak sambungan, ia membagi/memisahkan sinyal yang masuk untuk ditransmisikan ke seluruh network. HUB adalah central untuk topologi star dan mengijinkan komputer untuk ditambahkan atau dipindahkan pada network dengan relatif mudah.

2. Modem

Modem berasal dari singkatan MOdulator DEModulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Modem merupakan penggabungan kedua-duanya, artinya modem adalah alat komunikasi dua arah. Setiap perangkat komunikasi jarak jauh dua-arah umumnya menggunakan bagian yang disebut “modem”, seperti VSAT, Microwave Radio, dan lain sebagainya, namun umumnya istilah modem lebih dikenal sebagai Perangkat keras yang sering digunakan untuk komunikasi pada komputer.

D. Keuntungan menggunakan jaringan MAN

  1. Pertukaran data dan informasi bisa lebih cepat dan akurat.
  2. Pengembangan dalam bidang ilmu pengetahun untuk sebuah perguruan tinggi atau sekolah-sekolah.
  3. Komunikasi antarperguruan tinggi atau sekolah atau karyawan pada sebuah kantor bisa dengan e-mail atau chatting.
  4.  Proses backup data dari berbagai tempat lebih mudah dan cepat.
  5. Dapat membuat sarana diskusi untuk perguruan tinggi atau sekolah-sekolah.
  6. Dapat dijadikan sebagai alat untuk mempersatukannya kekompakan karyawan atau mahasiswa dan siswa.
  7. Dapat dijadikan sebagai sarana promosi yang tepat dan cepat.
  8. Dapat menggunakan program aplikasi atau permainan secara bersama-sama.

E. Kelemahan menggunakan jaringan MAN

1. Biaya operasional mahal.
2. Instalasi infrastrukturnya tidak mudah.
3. Rumit jika terjadi trouble jaringan (network trouble shooting).

Demikianlah artikel tentang Tips Membuat Jaringan Metropolitan Area Network, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua amin 3x dan sampai jumpa lagi pada update artikel terbaru lainnya hanya bersama dengan kami di it-artikel.com

Tips Membuat Jaringan Metropolitan Area Network | admin | 4.5
Leave a Reply